dikdasmen

Purwokerto, 31 Juli-02 Agustus 2017 telah diselenggarakan kegiatan pengembangan perangkat evaluasi bagi guru Muhammadiyah se-karesidenan Banyumas. Perwakilan guru sekolah-sekolah Muhammadiyah di wilayah Barlingmascap (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap) menjadi perseta dalam kegiatan ini. Universitas Muhammadiyah Purwokerto bekerjasama dengan Dikdasmen eks-karesidenan Banyumas menyelenggarakan kegiatan ini guna mencetak dan mengembangkan guru yang profesional. Acara dibuka oleh Dr. Anjar Nugroho, Wakil Rektor 1 UMPdan dihadiri oleh ketua majelis Dikdasmen Banyumas yang mendukung penuh terselenggaranya acara. “Guru Muhammadiyah harus selalu bekerja keras untuk mengembangkan profesionalitasnya, salah satu kompetensi yang harus dikembangkan yaitu pedagogik tentang penilaian”, ungkap Drs. H. Warmanto, M. Pd. selaku ketua majelis Dikdasmen Banyumas dalam sambutannya.

Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga hari, yaitu hari pertama untuk SD/MI, hari kedua untuk SMP/MTs, dan hari ketiga untuk SMA/SMK/MA. Guru mata pelajaran yang mendapat pelatihan meliputi bidang studi yang ada pada Ujian Nasional (UN), yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Jumlah peserta pada ketiga hari pelaksanaan woekshop relatif sama, berkisar 180-200 guru yang hadir memenuhi undangan. Pelaksanaan workshop dibagi menjadi beberapa ruangan sesuai bidang studinya masing-masing, setiap ruangan menghadirkan pemateri dari dosen bidang studi yang bersangkutan. Jadilah kurang lebih 30 guru yang hadir pada setiap ruangan mendapat bekal pengembangan perangat evaluasi dari yang ahli di bidangnya. Ibu Ika, seorang guru Matematika dari sekolah Muhammadiyah Banyumas menyampaikan kesannya terhadap kegiatan tersebut, “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru, karena memberikan kami berbagai materi agar lebih terampil dan membekali kami juga tentang cara membuat soal yang baik dan benar”, ungkapnya.

Materi yang disampaikan lebih mengacu pada pengembangan kompetensi pedagogik guru. Seperti diketahui bersama kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melaksanakan penilaian. Wujud nyata dari kompetensi tersebut adalah kemampuan guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian mengimplementasikannya di dalam proses belajar mengajar di kelas. Sebuah kata bijak menyatakan bahwa persiapan mengajar merupakan sebagian dari sukses seorang guru. Sejalan dengan kata bijak tersebut, salah satu pemateri untuk bidang studi Bahasa Indonesia, Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. mengungkapkan bahwa dalam materi yang diberikan bertujuan membekali guru mengenai perangkat evaluasi, yaitu pengertian penilaian, prinsip-prinsip penilaian, hingga penjelasan penilaian autentik. Dengan pemberian berbagai materi tersebut, diharapkan guru mampu mengembangkan perangkat evaluasi pembelajaran dengan baik.(rul)

You are here: Home Berita Bekerjasama dengan Dikdasmen Eks-Karesidenan Banyumas (Barlingmascap) dalam Workshop Pengembangan Perangkat Evaluasi bagi Guru Muhammadiyah

Pengunjung

149397
TodayToday116
This MonthThis Month4563
All DaysAll Days149397

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239