pelepasan magang3

Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang awalnya merupakan sebuah institut keguruan, kini senantiasa memberikan andil dalam pengembangan pendidikan di sekolah. Dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), ada sekitar 4000 calon guru yang sedang ditempa menjadi tenaga pendidik yang professional. Guna meningkatkan kualitas mahasiswa agar ketika lulus menjadi pendidik yang professional, FKIP UMP telah merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan sekarang dan masa yang akan datang. Perencanaan kurikulum tersebut adalam termasuk merancang program Magang 1. Magang 2 dan Magang 3.

Setelah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 selesai melaksanakan magang 1 dan 2, hari ini, Senin (4/8) Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H melepas peserta magang 3 di halaman Auditorium Ukhuwah Islamiyah. Rektor menyampaikan kepada mahasiswa untuk bekerja dan menjaga nama baik almamater. “Saya bangga kepada UMP yang dapat mewujudkan cita-cita Nyai Ahmad Dahlan yang memperjuangkan hak-hak wanita sehingga 491 wanita ini dapat berdiri berdampingan dengan 149 laki-laki untuk menjadi calon guru” tambahnya. Selanjutnya pelaksanaan akan mulai diterjunkan di sekolah pada hari yang sama di 61 sekolah yang tersebar di sleuruh Kabupaten Banyumas. Sekolah-sekolah yang ditempati adalah sekolah yang berkualitas dan menjadi sekolah favorit di Purwokerto baik jenjang SMP atau SMA.

Program Magang adalah sebuah program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dari 9 Program Studi di FKIP yaitu Pendidikan Bahasa Inggri, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Geografi.. Magang 1 adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan ketika mahasiswa duduk di semester 2. Sebagai awalan, mereka akan melakukan observasi lingkungan sekolah dimana posisi mereka melihat sudut pandang sebagai seorang guru. Proses ini diharapkan dapat membentuk karakter dan jati diri seorang pendidik kepada mahasiswa.

Ketika mahasiswa beranjak ke semester 4, mereka akan mengikuti Magang 2 tentunya dengan tingkatan yang lebih tinggi. Di tahap ini mahasiswa akan merancang dan mengembangkan media pembelajaran. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di singkat RPP dan media pembejalaran ini telah diajarkan didalam kelas oleh dosen-dosen yang terbaik UMP. Setelah mereka terjun ke sekolah, RPP dan Media akan diterapkan oleh guru di dalam kelas.

Program terakhir adalah Magang 3, pada tahap ini mahasiswa dianggap telah mampu mengajar setelah digembleng dengan Microteaching selama satu semester. Bukan lagi membantu, mahasiswa kali ini akan menjadi asisten guru pamong selama magang. Perbedaan dari magang sebelumnya, Magang 1 dan 2 dilaksanakan selama 2 minggu, untuk magang 3 dilaksanakan selama 1 bulan.

You are here: Home Berita FKIP Lepas 649 Calon Guru Profesional Ke Sekolah

Pengunjung

136609
TodayToday139
This MonthThis Month5533
All DaysAll Days136609

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239