IMG 0019

Sebanyak 40 dosen dan dekanat FKIP mengikuti pembuatan google scholar. Kegiatan yang telah dilaksanakan 26 Septemper 2017 inimerupakan tindaklanjut dari arahan ketua Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan yang disampaikan saat diseminasi hasil lesson study tempo hari. Ketua LPIP Dr. Sriyanto, M.Pd didampingi Hj. Hindayati Mustafida, M.Si (Kepala Bidang Repositori) menyampaikan tentang pentingnya pengetahuan pembuatan google scholar bagi para dosen.

            Kegiatan besutan LPIP bertemakan rangkaian roadshow pembuatan akun pendukung penelitian menjadi media peningkatan publikasi artikel ilmiah bagi para dosen di seluruh kampus, tidak terkecuali dosen FKIP. Diawali dengan pembuatan akun gmail dengan nama masing-masing, kemudian pembuatan akun google scholar diarahkan dengan afiliasi seragam, yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal ini bertujuan agar artikel ilmiah yang nantinya terunggah mempunyai wadah dan dapat dideteksi universitas.

            FKIP sebagai tuan rumah menyambut baik program dari LPIP dengan antusiasme dosen dalam kegiatan ini. Dosen menjalankan instruksi pembuatan google scholar dibantu tim LPIP. Kegiatan ini dirasa sejalan dengan visi kedua UMP yaitu unggul, kegiatan ini merupakan realisasi yang nyata dengan mengikuti perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pendidik.

            Berkaitan dengan kegiatan tersebut, dekan FKIP, Drs. Pudiyono, M.Hum. mengungkapkan bahwa FKIP sebelumnya sudah memfasilitasi dosen dengan adanya program Lesson Study dan Penugasan Dosen ke Sekolah. Lesson Study yang dimotori tiga dosen (satu dosen model dan dua observer) dan PDS yang menugaskan dosen ke sekolah mitra, tentu menjadi ajang strategis dosen menghasilkan artikel ilmiah. Kedua program ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para dosen guna produktif dalam menghasilkan karya ilmiah sebanyak-banyaknya.

            Dekan menegaskan kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi dosen. Mengingat semakin banyak karya ilmiah yang dihasilkan menandakan produktifitas tinggi dan menambah wibawa dosen di depan mahasiswa. “Produktif untuk publikasi jurnal ilmiah dapat menunjukan kewibawaan akademik dosen, sebaliknya dosen yang tidak produktif maka akan menurunkan kredibilitas di ranah akademik,” pungkasnya.(rul)

You are here: Home Berita Antusiasme Dosen FKIP Mengikuti Pembuatan Akun Google Scholar

Pengunjung

142191
TodayToday149
This MonthThis Month3324
All DaysAll Days142191

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239