IMG 9107

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kembali mengadakan seminar internasional tahunan Asia Pasific Education Conference (AECON). Kali ini seminar bertajuk The 4th AECON “Enhaching Literacy in Edication”dilaksanakan selama dua hari Ahad-Senin (8-9/10/2017) di Aula AK Anshori.

Konferensi ini mendatangkan pembicara dari beberapa negara guna mengeratkan Kerjasama Pendidikan di Asia-Pasifik. Pembicara-pembicara yang hadir di antaranya Prof. Dr. Moh Zain Musa dari Royal Academy of Cambodia, Dr. Abdul hafizh Hilley dari Lukmanulhakem College of Technology Thailand, Prof. Dr. Zulkifli Muhammad dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Ahsanul In’am Ph. D dari Universitas Muhammadiyah Malang, dan Dr. Elvira S. Balinas dari Angeles University Foundation of Philiphines.

IMG 9082Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H menyambut kehadiran para pembicara dengan membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H mengungkapkan tema utama konferensi yang semakin menguatkan UMP sebagai World Class Univercity adalah Meningkatkan Literasi dalam Pendidikan.“Saya, sebagai tuan rumah konferensi ini, berharap bahwa setiap orang yang berpartisipasi dalam konferensi ini dapat memperoleh manfaat maksimal dari pertemuan ini dalam bentuk visi yang lebih baik tentang bagaimana kita harus mendidik orang dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Lebih lanjut, Rektor mengapresiasi acara yang berjalan dengan sistematis ditambah dengan penampilan mahasiswa PGSD yang membawakan tari Tumandang pada hari pertama dan tari Capat Cipit pada hari kedua yang sama-sama khas dari Banyumas. “Ini merupakan salah satu cara memamerkan budaya Banyumas pada tamu internasional,” jelasnya.

IMG 9157Acara mencakup bidang pendidikan secara keseluruhan yang melibatkan dosen-dosen dari seluruh program studi FKIP, presenter dari luar UMP, dan beberapa mahasiswa yang turut serta mempresentasikan hasil penelitiannya pada parallel session.

Sebanyak 58 presenter yang telah tergabung dalam acara ini menyajikan hasil penelitian mereka. Makalah yang tersaji dibukukan dalam bentuk proceedings dan langsung bisa diakses di aecon.ump.ac.id. Selanjutnya dipublikasikan oleh Atlantis Press dan diindeks oleh Thomson and Reuters dari Belanda. Jurnal berbasis online tentunya dapat mempermudah peserta dalam mengapresiasi jurnal para presenter.

Kebermanfaatan acara ini ditegaskan oleh beberapa peserta yang kami temui. Laras, seorang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris, yang mengaku awalnya mengikuti acara ini karena kewajiban yang diberikan prodi, akhirnya mengakui banyak manfaat yang didapat. “Pembicara yang hadir dapat memberikan motivasi kepada peserta, sehingga bukan hanya ilmu yang kami dapat tapi juga semangat untuk terus belajar”. Sejalan dengan pendapat tersebut, Agus Setiawan, mahasiswa prodi Pendidikan Geografi juga menuturkan banyaknya manfaat dan ilmu yang didapat dari beragamnya pembicara yang hadir.

You are here: Home Berita Makin Mendunia, UMP Eratkan Kerjasama Pendidikan di Asia-Pasifik

Pengunjung

142190
TodayToday148
This MonthThis Month3323
All DaysAll Days142190

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239