IMG 1328

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP, diberikan edukasi pembelajaran Project Based Learning (PjBL) guna pengembangkan soft skills. Bertempat di ruang F.I.04 pada 27 November 2017 diselenggarakan Diseminasi Hasil Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diinisasi oleh panitia program Hibah General Education dihadiri oleh jajaran dekanat FKIP, perwakilan dosen Mata Kuliah Wajib dan Umum (MKWU), dan mahasiswa sebagai peserta.

Pengenalan model Pembelajaran PjBL dilaksanakan dengan mitra Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK), Panti Asuhan Dharmo Yuwono, dan Dewan Keluarga Masjid di Kampus I UMP. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk soft skills berupa empati mahasiswa melalui pengalaman langsung. Seperti disampaikan oleh ketua panitia, Efi Miftah Faridli, M.Pd, “Melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk sikap kritis, empati, cinta damai, dan belajar menemukan solusi dalam setiap permasalahan dalam diri mahasiswa.”

Kepada 100 mahasiswa yang hadir,  Dekan FKIP, Drs. Pudiyono, M.Pd. menghimbau pentingnya menguasai model pembelajaran PjBL. “Mahasiswa FKIP sebagai calon pendidik wajib menguasai pembelajaran PjBL, karena teknik pembelajaran baru ini dikembangkan di hampir semua lembaga pendidikan,” tegasnya.

Beberapa mahasiswa perwakilan dari program studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris mempresentasikan pengalamannya. Tiga dari lima kelompok tersebut bermitra dengan Rumah Kreatif Wadas Kelir dalam proyeknya. Ketiganya mengaku mendapat pengalaman berharga dari kegiatan tersebut. Fauzan, perwakilan salah satu kelompok yang bermitra dengan RKWK menjelaskan bahwa kegiatan di sana mencakup kesenian, mengajar, mengabdi dan pentas seni. Eka, mahasiswa Matematika, perwakilan kelompok lain menjelaskan pembelajaran literasi dan taman baca masyarakat menjadi salah satu fokus di RKWK.

Kelompok lain yang berkesempatan mengajar santri Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Kampus I UMP menerapkan metode Al-Muri-Q. Metode ini merupakan pengajaran membaca Al-Qur’an dengan cara murottal yang memfokuskan pada dua hal yaitu kebenaran bacaan dan lagu Al-Qur’an. Aulia, mahasiswa Matematika yang turut menjalankan program ini mengaku dengan metode ini cukup efektif dengan pembelajaran selama enam kali pertemuan.

Setelah semua kelompok selesai menjelaskan, dapat terlihat berbagai pengalaman yang mahasiswa semester awal ini dapatkan. Hal ini menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran berbasis proyek dalam memupuk kemampuan afektif para mahasiswa. Elly Hasan Sadeli, M.Pd, dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga megapresiasi para mahasiswa dalam menemukan pengetahuan baru dan empati jelas terbangun dari kegiatan tersebut. (Rul)

You are here: Home Berita Pengembangan Soft skills Mahasiswa melalui Diseminasi Hasil Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Pengunjung

222323
TodayToday99
This MonthThis Month2725
All DaysAll Days222323

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239