IMG 1393

Pendidikan dan Pengajaran sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tentu menjadi hal wajib yang harus dijalankan dosen, pun dengan dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMP. Sabtu, 02 Desember 2017 bertempat di Ruang Sidang FKIP, dilaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Lesson Study yang dihadiri jajaran dekanat dan puluhan dosen FKIP. Panitia Program Hibah General Education (PHGE) sebagai penyelenggara kegiatan mengaku telah kedua kalinya melaksanakan kegiatan serupa.

Dekan FKIP, Drs. Pudiyono, M.Hum menyampaikan apresiasinya kepada segenap dosen yang hadir, mengingat pelaksanaan kegiatan di antara hari libur. Dekan berharap dengan kehadiran para dosen dapat menjadi ajang silaturahmi sekaligus diskusi terkait pembelajaran yang telah dilakukan dalam Lesson Study. “Diseminasi Hasil Lesson Study ini sangat diperlukan untuk memberikan pembinaan kepada guru-guru yang menjadi mitra kita dalam melaksanakan tugas profesionalnya dengan baik,” ungkapnya dalam sambutan.

Mata Kuliah Umum berupa Bahasa Indonesia dan Studi Islam 3 menjadi dua mata kuliah sasaran dalam Lesson Study. Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. sebagai observer tim mata kuliah Bahasa Indonesia menjadi narasumber pertama dalam acara ini. Pengembangan Paragraf melalui Stategi Kata Tanya menjadi bahasan pokok dengan mahasiswa geografi sebagai objek penelitian. Penerapan kalimat tanya dirasa cukup efektif dalam membantu mahasiswa mengembangkan paragrafnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok kecil dalam menyusun paragraf pada satu kelas yang berisi 18 mahasiswa.

Kemudian diseminasi hasil lesson study mata kuliah Studi Islam 3 sedikit berbeda dari kelompok mata kuliah yang pertama. Jika pada kelompok pertama hanya mewakilkan satu orang sebagai narasumber, pada kelompok kedua seluruh anggota kelompok turut menyampaikan hasil temuannya berdasarkan sudut pandang yang berbeda, yaitu sebagai dosen model, observer 1, dan observer 2. Dr. Ana Andriana, M. Pd sebagai dosen model memberi penjelasan awal dari tiga siklus pembelajaran yang dilakukan. Berbagai kendala dan peningkatan yang diperoleh dari masing-masing siklus juga disampaikan oleh Aji Heru Muslim, M.Pd. dan Drs. Pudiyono dari sudut pandang masing-masing sebagai observer.

Model pemamaparan hasil lesson study semacam itu menjadi bentuk baru yang mendapat apresiasi lebih dari para dosen yang hadir sebagai audiens. Pertanyaan mengalir dalam sesi diskusi yang dibuka oleh moderator. Salah satu dosen dari prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, Elly Hasan Sadeli, M.Pd. menanyakan terkait ada tidaknya keharusan menjadikan satu kelas sebagai objek penelitian. Mengingat pada kelompok kedua melibatkan dua kelas dalam pengamatannya.

Pertanyaan seputar teknis pengamatan lesson study juga banyak datang dari dosen lain. Jawaban tidak hanya datang dari kelompok narasumber, tetapi juga oleh Lutfi Istikharoh, M.Pd. dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Lutfi yang pernah belajar lesson study di Jepang selama dua bulan, menjelaskan bahwa kelas yang berganti, perpaduan dosen dari berbagai bidang studi dalam pelaksanaan lesson study dapat sangat bisa dilakukan. Berbagai inovasi dalam melakukan lesson study diharapkan dapat memacu kreativitas dosen dalam melakukan pembelajaran. (Rul)

You are here: Home Berita Diseminasi Lesson Study sebagai Ajang Diskusi dan Silaturahmi Dosen FKIP

Pengunjung

222327
TodayToday103
This MonthThis Month2729
All DaysAll Days222327

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239