IMG 20180831 071947

Universitas Muhammadiyah Purwokerto- 27/8 Program Profesi Guru (PPG) kembali menggelar Orientasi Akademik. Sebelumnya, telah dilaksanakan Orientasi Akademik prajabatan pada tanggal 2 Agustus 2018. Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah menugaskan guru menjadi peserta PPG dalam jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018. Program Profesi Guru (PPG) dalam jabatan ini juga merupakan program yang digadang-gadang mampu meningkatkan kemampuan guru.

Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 116 guru. Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia.Untuk sampai pada tahap ini bukanlah hal yang mudah. Mereka yang sampai pada tahap ini adalah orang-orang pilihan. Sebelumnya, mereka telah menjalani serangkaian tes tertulis, lisan, dan praktik.

            Orientasi Akademik (PPG) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)dibuka langsung oleh Rektor UMP,Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H, sekaligus memberikan kuliah umum. Dalam kesempatan tersebut, beliau banyak menekankan tentang generasi milenial. “Generasi milenial perlu menyesuaian diri dengan tantangan jaman, khususnya tentang informasi melalui internet dan sebagainya.Hal tersebut juga diperlukan oleh bapak ibu sekalian, karena bapak dan ibu termasuk dalam generasi milenial. Kehadiran generasi milenial yg lebih responsif terhadap teknologi informasi akan mengubah pola dan prinsip yang berkaitan dengan pendidik,” tuturnya.

            Peserta Orientasi Akademik PPG di UMP diwajibkan untuk melaksanakan pendidikan selama 5 minggu.Sebelumnya, mereka telah menjalani pendidikan dalam jaringan (daring) selama 3 bulan.Drs. Ahmad, M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UMP menyampaikan bahwa semua peserta tidak diperkenankan untuk meninggalkan kegiatan. “Dalam waktu 5 minggu tersebut peserta tidak diperbolehkan meninggalkan rangkaian kegiatan dengan dengan alasan apapun, karena PPG sudah mengeluarkan banyak biaya untuk menciptakan guru yang professional”.

           Peserta PPG dalam jabatan harus ikhlas mengesampingkan urusan pribadinya, termasuk urusan keluarga selama kurang lebih 5 minggu.Salah satu peserta, Bagyo, bahkan rela memajukan tanggal pernikahan anaknya. Guru SD Locondong ini rela melakukan hal demikian agar fokus selama menjalani kegiatan.Namun ia merasa senang dan ikhlas. Menurutnya, banyak manfaat yang didapat selama menjalani kegiatan ini.Saya mendapatkan banyak teman dan sekarang jadi lebih menguasai teknologi,” katanya. Ia juga berharap mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk memajukan pendidikan.

Hal senada juga dirasakan oleh Fitri.Guru Bahasa Inggris di SMP Ma’arif Kemranjen ini mengaku banyak mendapat pengalaman. Lebih lanjut, ia merasa bangga bisa menjadi peserta yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. “Semua guru dites, yang lulus dibiayai. Sayang kalau disia-siakan,” katanya. *** [Pita]

You are here: Home Berita Orientasi Akademik Program Profesi Guru (PPG) dalam Jababatan Gelombang I menuju Pendidik yang Profesional

Pengunjung

222310
TodayToday86
This MonthThis Month2712
All DaysAll Days222310

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239