Visi Misi dan Tujuan

1. Visi Laboratorium Micro Teaching

  • Optimalisasi peran laboratorium micro teaching dalam upaya menciptakan calon guru yang unggul, modern dan islami.

2. Misi Laboratorium Micro Teaching

  • Menyediakan perangkat pelaksanaan pembelajaran micro teaching yang berstandar.
  • Menyediakan sarana yang memberikan layanan kepada mahasiswa dan stakeholder untuk melakukan kegiatan praktik pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  • Memberikan pelayanan yang optimal terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan micro teaching.
  • Mencetak calon guru yang memiliki kompetensi professional, pedagogik, kepribadian, dan social, serta mampu meggunakan media teknologi dalam pembelajarannya.

mikro2

Sarana dan Prasarana

Dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan perkuliahan micro teaching, laboratorium memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan memadai bagi terlaksananya kegiatan praktek pengajaran. FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto memiliki ruang yang memenuhi standar minimal peralatan yang dapat digunakan untuk perekaman dalam pelaksanaan pengajaran. Ruang micro teaching dilengkapi dengan kamera yang dapat digunakan untuk melakukan perekaman terhadap aktivitas pembelajaran baik pada saat mahasiswa praktek mengajar maupun pada saat ujian micro teaching. Ruang pengajaran dibagi menjadi dua tempat, yaitu laboratorium micro teaching “A” bertempat di Gedung E lantai III dan laboratorium micro teaching “B” bertempat di laboratorium terpadu gedung F lantai II.

Selain ruang untuk pelaksanaan praktek pengajaran, laboratorium micro teaching juga dilengkapi oleh ruang operator. Ruangan ini digunakan oleh laboran atau dosen pembimbing untuk melakukan perekaman terhadap jalannya praktek mengajar mahasiswa. Ruang tersebut juga berfungsi sebagai ruang pengamatan pelaksanaan praktek mengajar mahasiswa dan memberikan arahan kepada mahasiswa praktikan melalui audio yang telah disediakan.

Ruang lain yang ada di laboratorium micro teaching, yaitu ruang evaluasi. Ruang tersebut dilengkapi oleh TV, LCD, dan alat pemutar video yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan evaluasi sebagai bagian dari umpan balik pelaksanaan praktek mengajar yang telah dilakukan mahasiswa. Di ruang tersebut mahasiswa bersama dengan dosen memutarkan video rekaman praktek mengajar yang dilakukan mahasiswa, kemudian mengevaluasi dan mendiskusikannya dengan mahasiswa. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari praktek mengajar yang telah dilakukannya, dan digunakan untuk perbaikan praktek mengajar berikutnya.

1 2

Ruang praktek

Ruang evaluasi
3  
Ruang Operator  

Galeri

mikro1 mikro2

 

mikro3

 

mikro4

 

mikro5

 

mikro6

You are here: Home Laboratorium Microteaching

Pengunjung

149397
TodayToday116
This MonthThis Month4563
All DaysAll Days149397

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239