1

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP telah mengadakan workshop pada 20 Juli 2019 di Gedung E Ruang Sidang Baru. Mengangkat tema Penyusunan Rancangan Pembelajaran SCL (Student Center Learning) dan Peta Program Pembelajaran Blended Learning, kegiatan ini diikuti oleh kepala dan perwakilan masing-masing program studi yang terdapat di FKIP UMP. Selain itu, juga dihadiri oleh Wakil Rektor I UMP dan dekan FKIP UMP. Hadir pula Dr. Hari Wibawanto, M.T dari Team Student Centered Learning UNNES sebagai narasumber dalam workshop ini.

Drs. Pudiyono, M. Hum, selaku Dekan FKIP UMP, menjelaskan bahwa hibah SCL ini merupakan hibah yang ke-7 yang diperoleh FKIP UMP selama 4 tahun. Dengan mempercayakan kepada 6 dosen, setiap program studi juga diminta untuk melibatkan perwakilan 1 dosen untuk melaksanakan SCL berbasis blanded learning ini. Sehingga pada pelaksanaannya terdapat 15 dosen, yaitu 6 orang berasal dari hibah dan 9 orang dari masing-masing program studi. Kegiatan hibah ini direncanakan akan dilaksanakan pada perkuliahan semester gasal 2019/2020.

2Dr. Ns. Jebul Suroso, M. Kep, selaku Wakil Rektor I UMP, menyampaikan bahwa konsep SCL ini membuatnya teringat pada konsep yang terdapat di Fakultas Kesehatan yang memiliki konsep Patient Center Care. Konsep PCC merupakan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada customer atau pasien. Konsep ini tidak hanya berorientasi pada pemberi pelayanan atau provider, namun berorientasi pada penerima, yang bukan lagi sebagai objek namun juga sebagai subjek. Terdapat 3 hal agar SCL dapat berperan dan menghasilkan sesuai yang diinginkan, antara lain mindset pendidik, dokumen perencanaan, dan perangkat pendukung berupa desain pembelajaran. Tidak lupa juga, SCL perlu dikondisikan bersama antara dosen, mahasiswa, dan seluruh kompenen akademik. (srl)

You are here: Home Berita Blended Learning dalam pembelajaran SCL (Student Center Learning)

Pengunjung

264929
TodayToday34
This MonthThis Month3384
All DaysAll Days264929

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239