IMG 0851

FKIP UMP kembali menyelenggarakan Program Seateacher.Program yang dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun ini, pada bulan Januari telah melaksanakan Program Seateacher Batch 7 dan pada bulan Agustus ini dilaksanakan Seateacher Batch 8.

Program yang dilaksanakan pada 15 Agustus 2019 hingga 6 September 2019 ini, diikuti oleh 4 mahasiswa dari 2 negara, yaitu Thailand dan Filipina. Universitas yang terlibat dalam program ini berasal dari Nakhon Pathom Rajabath University dan University of Mindanao, The Philipines dengan masing-masing membawa 2 mahasiswa. Mereka antara lain Nalinrat Wongwarasai (Ping Pong) bidang Matematika dan Treewit Tumthogkhum (Mas) bidang Fisika berasal dari Nakhon Pathom Rajabath University. Sedangkan Cristine B. Olaso (Cristine) bidang Bahasa Inggris dan Johnruf Nino C. Nunala (John) bidang Sosiologi berasal dari University of Mindanao, The Philipines.

Adapun sekolah mitra yang bekerja sama dalam Program Seateacher Batch 8antara lain SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Baturraden.Nalinrat Wongwarasai dan Cristine B. Olaso ditempatkan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Sedangkan Treewit Tumthogkhumdan Johnruf Nino C. Nunala ditempatkan di SMA Negeri 1 Baturraden. Mahasiswa tersebut akan melaksanakan kegiatan praktik mengajar di sekolah mitra masing-masing dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

IMG 0840Program ini bukan yang pertama kali bagi SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, lebih dari 4 kali mereka telah bekerja sama dengan FKIP UMP dalam Program Seateacher. Namun berbeda dengan SMA Negeri 1 Baturraden di mana Program Seatecher Batch 8 kali ini merupakan kerja sama pertama bagi mereka. Kedua pihak sekolah mitra merasa senang dan berterima kasih kepada pihak UMP karena mendapatkan kesempatan untuk dapat memperkenalkan para siswa dengan mahasiswa dari luar negeri. Dengan adanya program ini, siswa dapat mengetahui cara pembelajaran yang baru dan berbeda yang berasal dari sekolah asal mahasiswa tersebut, kata Drs. Bayu Santosa, Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Selain siswa yang mendapatkan manfaat dari adanya program ini, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan lingkungan sekolah serta melibatkan mereka dalam kegiatan aktivitas siswa dan kegiatan aktivitas belajar di kelas. Isti Isbandiah, S. Pd., M. M, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Baturraden, berharap mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang terdapat di sekolah yang mereka tempati yang mungkin berbeda dengan sekolah yang terdapat di negara mereka masing – masing. Selain itu juga mampu untuk saling belajar bersama dan bertukar informasi terkait dengan budaya, kebiasaan, karakter yang dapat dikembangkan di sekolah. (srl)

You are here: Home Berita Program Seateacher Batch 8 Tahun 2019

Pengunjung

270759
TodayToday124
This MonthThis Month2850
All DaysAll Days270759

Kontak Kami

logo fkipump
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, ext. 134
Fax  : (0281) 637239