PPG FKIP UMP RAIH KELULUSAN DENGAN PERINGKAT PERTAMA TINGKAT PTM & PERINGKAT KE EMPAT TINGKAT NASIONAL

PPG FKIP UMP RAIH KELULUSAN DENGAN PERINGKAT PERTAMA TINGKAT PTM  & PERINGKAT KE EMPAT TINGKAT NASIONAL

 

Senin, 22 Februari 2021 PPG FKIP UMP menggelar Angkat Sumpah Profesi dan Penyerahan Seritifikat yang diikuti sebanyak 416 Mahasiswa PPG yang telah dinyatakan lulus UKMPPG 2020. Acara yang meskipun dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting ini akhirnya dapat berjalan dengan lancar.

Dalam sambutannya Wildan Nurul Fajar, M.Pd. selaku Ketua Pendidikan Profesi Guru (PPG) menyampaikan bahwa PPG FKIP UMP mendapat Peringkat ke-1 untuk persentase kelulusan tingkat PTM dan menduduki Peringkat ke-4 Tingkat Nasional. PPG yang dilaksanakan di tahun 2020 ini merupakan angkatan pertama yang menggunakan new model yang semuanya membutuhkan penyesuaian. Sejak awal mahasiswa memang hanya bertemu dalam ruang-ruang virtual saja dan tidak bertatap muka. Mengikuti situasi dan kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan Angkat Sumpah Profesi secara langsung, maka panitia hanya mengundang perwakilan mahasiswa saja. Tetapi untuk pengambilan sertifikat boleh secara langsung datang ke kampus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep. menyampaikan “selamat kepada Mahasiswa yang akan diambil sumpahnya. Ini adalah proses terakhir dalam pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, tetapi ini merupakan langkah awal bagi teman-teman untuk menjadi profesional. Jadilah guru yang BAIK. B (berkhidmat dan ingat selalu pada sumpah dan janji yang sudah diucapkan), A (akhlah mulia), I (inovasi), K (kolaboratif dengan membangun jaringan).

Bapak Hariyadi dan Ibu Dina selaku perwakilan mahasiswa menyampaikan kesan pesan bahwa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ ibu dosen yang sudah banyak memberikan arahan dan bimbingan kepada kami. Serta tidak perlu diragukan kembali perihal kecintaan kami terhadap UMP. PPG FKIP UMP begitu luar biasa, baik dari segi pelayanan maupun dalam pengajaran dosen-dosen yang begitu ramah.

HIMATIKA FKIP UMP MENYELENGGARAKAN LOMBA DESAIN GRAFIS SECARA VIRTUAL DENGAN PENUH SEMANGAT

HIMATIKA FKIP UMP MENYELENGGARAKAN LOMBA DESAIN GRAFIS SECARA VIRTUAL DENGAN PENUH SEMANGAT

Acara yang diselenggarakan untuk tetap bersinegri di tengah pandemi ini dilakukan di lingkungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HIMATIKA FKIP UMP).

Acara yang diselenggarakan dengan sasaran wajib bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2020 serta dibuka juga untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2018 dan 2019.

Hariri selaku Ketua Umum HIMATIKA FKIP UMP menyampaikan bahwa ada beberapa tujuan dengan diadakannya acara tersebut yaitu meningkatkan kemampuan kreativitas Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam bidang desain grafis, untuk mengetahui Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang desain grafis dan juga untuk meningkatkan kedekatan dengan Mahasiswa Baru Pendidikan Matematika Angkatan 2020.

Rangkaian acara yang dimulai sejak tanggal  01-03 Februari 2021 sebagai pendaftaran, kemudian tanggal 03 Februari 2021 Technical Meeting (TM), dilanjut 04-10 Februari 2021 Pembutan Desain bagi para peserta dan dikumpulkan pada 10 Februari 2021 serta hasil desain lomba desain yang diumumkan pada 13 Februari 2021.

Acara yang tetap dilakukan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting untuk pembukaan, TM, dan pengumuman hasil lomba tersebut diikuti sebanyak 38 peserta dengan penuh semangat.

Harapannya untuk acara selanjutnya semoga dapat menjadi lebih baik lagi dan dapat menginspirasi untuk menjadi lebih kreatif lagi (kata Hariri).

PG PAUD FKIP UMP Gelar Webinar Dedikasi Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

 PG PAUD FKIP UMP Gelar Webinar Dedikasi Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

 

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) menggelar acara Webinar dengan tema “Dedikasi Mahasiswa PG PAUD Sebagai Pendamping Masa Emas Anak”. Acara tersebut telah diselenggarakan pada 10 Februari 2021.

 

Acara yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting diikuti sebanyak 76 partisipan, yang terdiri dari Mahasiswa PG PAUD FKIP UMP dan Mahasiswa Umum.

 

Acara yang diselenggarakan atas dasar melihat kurangnya kesadaran akan masyarakat terhadap perkembangan anak usia dini terutama di masa pandemi ini, menjadi cukup memperihatinkan. Maka dari itu Himpunan Mahasiswa PG PAUD yang tentunya didukung oleh Program Studi telah berhasil mengadakan acara tersebut dengan baik.

 

Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Saefurrohman, Ph. D ini juga berjalan dengan lancar. Hanya saja memang sempat terkendala sinyal sedikit pada pembicara saat Webinar berlangsung.

 

Semoga acara yang kami laksanakan memang dapat bermanfaat baik bagi orang tua maupun calon orang tua dengan memperhatikan enam aspek dalam perkembangan anak usia dini (kata Puspaningrum perwakilan HMPS PG PAUD).

 

 

HIMATIKA FKIP UMP TETAP SEMANGAT BERSINEGRI DI TENGAH PANDEMI

 

Maraknya pandemi yang masih terus berekliaran di seluruh penjuru Indonesia tidak menjadikan suatu penghalang untuk mahasiswa menjalankan sebuah kegiatan. Meskipun dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting. Peserta yang mengikuti juga dapat memenuhi ruang-ruang zoom. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika yang biasa disebut HIMATIKA FKIP UMP ini melaksanakan kegiatan Seminar Kewirausahaan dengan tema “ Revolusi Karya Anak Bangsa di Era Pandemi dalam Berwirausaha”. Kegiatan dilaksanakan atas dasar untuk meningkatkan tali silaturahmi antar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UMP. Dengan dilaksanakannya acara tersebut, harapannya dapat memberikan informasi mengenai peluang yang ada kepada mahasiswa dalam berwirausaha di era pandemi.

Sasaran dari acara Seminar Kewirausahaan tersebut ialah Mahasiswa Pendidikan Matematikan dan Mahasiswa Umum dari berbagai jurusan. Tujuannya adalah agar mahasiswa tetap termotivasi dalam melangsungkan usahanya. Acara tersebut telah dilaksanakan dengan baik pada tanggal 23 Januari 2021 dengan total peserta kurang lebih 150 Mahasiswa yaitu 70% Mahasiswa UMP dan 30% Mahasiswa dari kampus lain seperti Unsoed, UNY, UNS, Universitas Fajar Makassar, Universitas Masamus Marauke, Universitas Madiun, IAIN, Universitas Djuanda Bogor, dan lain sebagainya.  “Sejauh ini tidak ada kendala serius yang panitia jumpai dalam pelaksanaan acara tersebut” kata Diah selaku Ketua Panitia.

Diah juga menyampaikan bahwa acara Seminar Kewirausahaan tersebut merupakan acara seminar pertama yang diadakan oleh Departemen Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan pertama kalinya dilaksanakan secara daring atau online. Semangat yang luar biasa dari panitia dan koordinasi yang baik dengan  berbagai pihak yang membuat acara tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Semoga acara ini dapat memberikan dampak yang positif dan bermanfaat untuk semua yang mengikuti. Harapannya juga acara ini dapat tetap ada untuk tahun selanjutnya dan bisa lebih baik lagi.