PGPAUD FKIP UMP Terpilih sebagai Peserta FGD Kemendikbud se-Indonesia

PGPAUD FKIP UMP Terpilih sebagai Peserta FGD Kemendikbud se-Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terpilih menjadi peserta Focus Group Discussion (FGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) se-Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat sampai Minggu, tanggal 4 – 6 Juni 2021 di Hotel Swiss Bellin Bogor. Kegiatan FGD membahas dan mereview program kebijakan guru serta tenaga kependidikan Anak Usia Dini terkit pemetaan data dan permalasahan implementasi program GTK PAUD.

Dr. Desti Pujiati, M.Pd selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) PGPAUD UMP dalam pemaparannya menyampaikan terkait permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu tentang Sumber daya manusia guru yang wajib berpendidikan S-1 PGPAUD.

“Pada dasarnya permintaan kelompok bermain seperti TK bisa dijadikan formal dan dapat juga menggunakan dana desa termasuk untuk fasilitas, sarana dan prasarana serta peningkatan insentif guru. Tetapi sejauh ini, hal tersebut belum dapat terlaksana” jelas Bu Desti.

Bu Desti sebagai delegasi UMP juga menyampaikan bahwa PGPAUD FKIP UMP bertujuan untuk meghasilkan lulusan calon guru PAUD yang berkepribadian luhur, memiliki kemampuan mendidik dan membimbing anak usia dini.

“PGPAUD FKIP UMP mendidik sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat lokal dan nasional. Selain itu PGPAUD menjadi lembaga kemitraan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan anak usia  dini” kata Dr. Desti Pujiati, M.Pd.

Dalam acara tersebut, ada lima Perguruan Tinggi di Indonesia yang turut terpilih menjadi peserta FGD Kemendikbuud se-Indonesia yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Al-Azhar, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, satu-satunya kampus Muhammadiyah yang terpillih menjadi peserta GTK PAUD Kemendikbud RI. (bast)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *