Proposal Program KKN Berbasis Kebutuhan Masyarakat di Masa Pandemi

Proposal Program  KKN

Berbasis Kebutuhan Masyarakat di Masa Pandemi

“Sebagai dosen pembimbing lapangan, saya akan mengawal kegiatan kalian dari awal hingga akhir. Oleh karena itu saya berharap program-program yang kalian rancang adalah program yang berbasis kebutuhan masyarakat, tetapi juga disesuaikan dengan kemampuan kalian. Silakan siapkan secara maksimal program yang sudah dirancang untuk dapat direalisasikan secara daring dan luring terbatas. Program-program yang sudah kalian rancang bagus, dan semoga nanti dapat dilaksanakan dengan lancar”. Demikian dinyatakan Dra. Eko Sri Israhayu, M. Hum., selaku DPL dari kelompok 12 KKN Tematik FKIP UMP. Bunda Yayuk, demikian ia biasa dipanggil, kemudian menjelaskan bahwa program yang dipilih sebaiknya berbasis kebutuhan masyarakat terutama dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat pada masa pandemi sekarang ini. Bunda Yayuk kemudian memberikan contoh problem riil pada masa pandemi, yakni problem siswa dan orang tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Banyak orang tua yang mengeluh, sulit memahami aplikasi yang digunakan pihak sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga saat mendampingi anaknya belajar timbul kesulitan-kesulitan kaitannya dengan ragam aplikasi yang digunakan. Bunda Yayuk pun kemudian banyak memberikan motivasi kepada kelompok yang dibimbingnya dalam kegiatan Koordinasi Kegiatan KKN dengan mahasiswa bimbingannya tersebut melalui google meet  (21/7/2021).

Februardi Maulana Putra, atau yang akrab dipanggil Ardi, sebagai Ketua Kelompok 12 memandang perlu adanya kegiatan koordinasi dengan DPL, kendati dilakukan secara daring melalui google meet. Ardi merasa bimbingan itu sangat perlu untuk dilakukan lantaran proposal harus sudah dikirim pada tanggal 21 Juli 2021. Melalui pertemuan virtual tersebut, Ardi dan kelompoknya menerima banyak masukan dari DPL terkait kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat KKN, misalnya saja membuat kegiatan berbasis masyarakat namun tidak merepotkan dan belum ketinggalan zaman. Atas arahan dari DPL, Ardi menambah kegiatan yang awalnya hanya penyuluhan cara menggunakan masker yang baik, menjadi penyuluhan dan donasi masker. Selain itu, Ardi dan kelompoknya juga akan melakukan donasi sikat gigi dan membuat penyuluhan mengenai cara menyikat gigi yang benar pada siswa PAUD atau anak-anak usia 3-4 tahun di RT 1 RW 5 Kelurahan Karang Pucung, Purwokerto Selatan.

Selain memberikan arahan terkait program kerja yang akan dilaksanakan, Ardi dan kelompoknya, Bunda Yayuk  juga menyapa para anggota kelompok dengan menanyakan asal program studi serta peran yang akan diberikan sebagai bukti kontribusi pada pelaksanaan program kelompok. Sebagai DPL, Bunda Yayuk menyarankan agar masing-masing anggota kelompok berkontribusi dengan melakukan kegiatan berkaitan dengan prodi dan divisinya. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengalami  kesulitan yang berarti saat menjalani program kerja. Bunda Yayuk juga mengingatkan pentingnya kegiatan koordinasi secara interen untuk menghindari adanya kesalahpahaman dalam kelompok.

Kelompok 12 memiliki sejumlah usulan program KKN di antaranya; pendampingan belajar pada siswa SD – SMA, pelatihan pembuatan power point dan video presentasi bagi siswa SMP dan SMA, pembagian masker gratis, lomba baca puisi dengan tema kemerdekaan bagi Ibu-ibu PKK, serta penyuluhan dan pembuatan MOL (Mikro Organisme Lokal). Pembuatan MOL berguna untuk dekomposer dan pupuk organik cair, sekaligus membuat penyuluhan cara membuat kompos menggunakan sampah organik dan limbah dapur. Berdasarkan kunjungan observasi pada beberapa warga di RT 1 RW 5 Kelurahan Karang Pucung Purwokerto Selatan ini, tampaknya masyarakat sekitar cukup menyambut baik kegiatan KKN Tematik FKIP UMP ini.

Ardi dan kelompoknya berharap dapat melaksanakan kegiatan program kerjanya dengan baik dan lancar. Tentu saja, kelak program kerjanya akan dilaksanakan dengan daring dan luring terbatas. Ardi ingin berkontribusi melalui kegiatan nyata yang dibutuhkan masyarakat, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. (Bella)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *