KKN Pendidikan FKIP UMP, Solutif terhadap Dampak Pandemi dalam Bidang Pendidikan di Kelurahan Paduraksa, Kecamatan Pemalang, Kabupaen Pemalang

KKN Pendidikan FKIP UMP, Solutif terhadap Dampak Pandemi dalam Bidang Pendidikan di Kelurahan Paduraksa, Kecamatan Pemalang, Kabupaen Pemalang

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam hal ini diwakili oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Dhi Bramasta, S.Si, M,Pd. menyerahkan 6  mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata di Kelurahan Paduraksa, Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Kegiatan penyerahan tersebut dilakukan secara gabungan antara daring dan luring di kelurahan Paduraksa (2/8/2021).

Dimas Yusuf Afrizal, salah satu perwakilan mahasiswa KKN di kelurahan Paduraksa menyampaikan bahwa kegiatan KKN yang dilakukan akan berfokus pada penanggulangan dampak covid-19 pada bidang pendidikan melalui kegiatan pendampingan belajar siswa serta pengenalan kepada guru tentang bagaimana media pembelajaran daring yang menarik bagi siswa di situasi belajar dari rumah.

“Kami telah menyiapkan program kerja yang nantinya bertujuan untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran, diantaranya yaitu pendampingan belajar siswa, selain itu juga kami akan mengenalkan kepada guru sekolah dasar di lingkungan sekitar tentang bagaimana membuat media pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.” Ujarnya.

Dosen pembimbing lapangan, Dhi Bramasta menyampaikan bahwa KKN yang dilakukan saat ini tidak seperti KKN seperti biasanya, karena sedang dalam situasi pandemi sehingga KKN dilaksanakan secara daring dan luring terbatas. Namun Dhi Bramasta berharap pelaksanaan KKN yang dilakukan secara terbatas ini tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk menyebarkan manfaat bagi lingkungan sekitar tentu dengan bimbingan dari pihak kelurahan dan masyarakat setempat.

“Saya berharap, walaupun KKN dilaksanakan secara daring mahasiswa tetap semangat menjalani KKN ini dan dapat bagi masyarakat sekitar khusunya dalam bidang pendidikan. Saya juga mohon bimbingan Bapak/Ibu dari staf kelurahan untuk terus dapat mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN ini dan selalu mengingatkan agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.” Ujar Dhi Bramasta yang terhubung melalui google meet.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Lurah Paduraksa Indarjo Tulus Prabowo S.H. berharap kegiatan KKN yang dilaksanakan di kelurahan Paduraksa dapat memberikan manfaat kepada masyarakat  sekitar serta dapat memberikan pengalaman kepada para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN.

“Kami mewakili masyarakat kelurahan Paduraksa mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa KKN Pendidikan FKIP UMP, saya secara pribadi berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sekalian. Selain itu saya juga sangat berharap kehadiran mahasiswa-mahsiswa KKN FKIP ini dapat membangkitkan semangat belajar anak-anak, terutama anak-anak siswa sekolah dasar, karena dalam situasi pandemi saat ini mereka harus belajar dari rumah dan mereka belum bisa belajar secara mandiri,”  terangnya. (Dimas Yusuf Afrizal)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *